5 Tips Menahan Amarah di Bulan Puasa

Selamat pagi Sahabat . . . bagaimana dengan puasanya hari ini? rasanya baru kemarin saja memasuki bulan ramadhan ya, alhamdulillah sudah hari ke 11. tentunya kita tahu bahwa puasa bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar saja, tetapi puasa juga harus bisa menahan emosi.
berikut 5 tips menahan Amarah di bulan puasa :
  1. Berpikir sebelum berbicara
    Saat dalam kondisi penuh emosi, cobalah tetap memikirkan dampak dari omongan yang akan dikeluarkan. Bayangkan dampak buruk apa yang akan timbul jika omongan penuh amarah tetap saja terucap. Coba ambil waktu sebentar sambil mendinginkan pikiran. Jangan sampai menyesal kemudian karena bawaan emosi, ya.
  2. Ekspresikan marah dalam kondisi tenang
    Setelah perasaan jadi lebih tenang, coba bicarakan hal yang membuat marah. Bicara saat pikiran tenang akan jauh lebih efektif daripada mengekspresikannya dengan emosi meluap-luap. Jangan sampai pelampiasan marah jadi menyakiti hati orang lain.
  3. Alihkan amarah dengan menyibukkan diri
    Menyibukkan diri dengan hal lain bisa membuatmu melupakan kemarahan yang ada, Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan amarah, misalnya bersih-bersih rumah, mendengarkan musik, menulis atau melakukan hobi lainnya. Lebih baik kemarahan disalurkan sebagai energi untuk melakukan hal positif lainnya, kan?
  4. Pastikan waktu tidur anda cukup
    Ternyata, kurang tidur juga bisa jadi penyebab timbulnya hasrat untuk marah-marah. Menurut Journal of Applied Social Psychology, para peneliti mengungkapkan bahwa kurangnya waktu tidur akan menurunkan kemampuan mengontrol diri serta berpikir jernih. Meningkatnya stres akibat kurang tidur juga bisa jadi pemicu munculnya amarah.
    Oleh sebab itu, jagalah jam tidur yang cukup, lebih baik lagi jika bisa tidur lebih awal di malam hari. Mengingat bangun untuk sahur mengambil waktu tidurmu, jadi majukan jam tidur di malam hari agar kebutuhan istirahat tetap tercukupi.
  5. Perbanyak ibadah
    coba redam amarah dengan memperbanyak ibadah. Saat emosi mulai menyerang, segeralah mengambil air wudhu, lakukan shalat, bacalah Al-Qur’an lalu perbanyaklah dzikir. Dengan begitu, amarah akan hilang sekaligus mendapatkan pahala berlimpah dengan memperbanyak ibadah.
semoga ke lima tips diatas bisa bermanfaat bagi sahabat untuk menahan amarahnya di bulan puasa ya, semoga puasa kita di terima oleh Allah SWT.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s