Koleksi Museum Zoologi Kebun Raya Bogor

Terletak di Jl.Ir H. Juanda No. 9 Bogor saya dan kedua teman saya mengunjungi sebuah museum yang bernama Museum Zoologi. ini adalah kali ke dua saya mengunjungi Kebun Raya Bogor. akses yang tidak terlalu sulit menjadi alasan saya mengunjungi tempat ini lagi. terlebih harga tiket masuk Kebun raya bogor terbilang murah, untuk domestik di bandrol harga sekisaran 17.ooo rupiah saja. tentu hal ini bisa menjadi pilihan tepat untuk pelajar dan keluarga yang ingin bersantai dan belajar lebih banyak mengenai tumbuhan dan hewan di kebun raya bogor.

Sejarah Museum Zoology

Museum Zoologi Bogor adalah museum yang terletak di Bogor, memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan. Museum ini terbagi menjadi dua, salah satunya dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang pameran terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, museum yang satu lagi berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober, berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta – Bogor Km.46 Cibinong, Bogor. Kedua bagian museum ini dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi-LIPI. Awal berdirinya Museum Zoologi Bogor merupakan laboratorium zoologi dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium yang didirikan pada tahun 1894 gagasan dari J. C. Koningsberger ahli botani berkebangsaan Jerman, laboratorium ini didirikan sebagai sarana penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan zoologi. Pada tahun 1906 namanya berubah menjadi Zoologisch Museum and Wekplaats, pada tahun 1910 kemudian berubah lagi menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium. Antara tahun 1945-1947 tempat ini dikenal dengan nama Museum Zoologicum Bogoriense, dan akhirnya sampai sekarang menjadi Museum Zoologi Bogor. Tempat koleksi museum ini memiliki 24 ruangan koleksi dan baru ditempati pada 1997, dengan pembangunan yang didanai dari dana hibah Bank Dunia dan Jepang. Koleksi ilmiah yang dimiliki museum ini meliputi kategori antara lain: mamalia, ikan, burung, reptil dan amphibi, moluska, serangga, dan invertebrata lain yang bukan moluska dan serangga.

Kerangka Paus Biru

museum-zoologi3
 

Image by Google.com

 

Siapa yang tidak tertarik dengan Mamalia besar ini? kerangka paus biru yang sangat besar ini menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi museum zoologi. Paus biru ini ditemukan mati terdampar di pesisir Pameungpeuk, Garut, pada 1916.  Dibutuhkan waktu 44 hari untuk membawa tubuhnya (panjang 27 m berat 116 ton) ke Bogor.  Walau sang paus tinggal tulang belulangnya saja (berat 64 ton) namun penampakan kerangka paus biru ini memang menjadi salah satu daya tarik utama Museum Zoologi Bogor.

Badak Tasik

IMG-20170328-WA0025
image by riko prastio
Dicopy dari disgiovery.com Pejantan berbobot 2 ton asal Tasikmalaya ini merupakan badak terakhir di wilayah Priangan setelah ditinggal mati oleh si betina geulis pada 1914 (ditembak pemburu gelap).  Daripada si pejantan ikut tewas percuma oleh tangan tak bertanggungjawab, akhirnya sang badak pun dimasukkan dalam koleksi Museum Zoologi Bogor pada 1934.  Kerabatnya yang masih tersisa kini berada di TN Ujung Kulon, Banten.  Mungkin mereka juga sudah tak menyadari jika si kasep & si geulis dari Tasik sudah lama punah.
Selain kedua ikon yang menarik diatas, tentu koleksi Museum Zoology di perlengkap dengan adanya aneka ragam replika Ikan, serangga, burung, primata dan hewan lainnya. dan tentunya Museum Zoology sangat cocok bagi para pelajar atau keluarga yang ingin mengajarkan sang buah hati tentang hewan-hewan yang ada di indonesia.
Museum Zoologi Bogor
Jl. Ir. H.Juanda – Bogor (satu area dengan Kebun Raya Bogor)
Buka pukul 07.30-16.00 setiap hari
Buka pukul 07.30-17.00 setiap akhir pekan dan hari besar
HTM: Rp. 14.000 (sepaket dengan tiket masuk Kebun Raya Bogor)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s