Sahabat Gajah


Halo Sobat, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas seputar populasi Gajah sumatera semoga bermanfaat ya….

Gajah sumatera adalah subspesies dari gajah asia yang hanya berhabitat di pulau sumatera. Gajah sumatera berpostur lebih kecil daripada subspesies gajah india. Populasinya semakin menurun dan menjadi spesies yang sangat terancam. Sekitar 2000 sampai 2700 ekor gajah sumatera yang tersisa di alam liar berdasarkan survei pada tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akibat dibunuh manusia, dan 30% kemungkinan dibunuh dengan cara diracuni oleh manusia. Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi wilayah perkebunan akibat perambahan yang agresif.

Gajah sumatera adalah mamalia terbesar di Indonesia, beratnya mencapai 6 ton dan tumbuh setinggi 3,5 meter pada bahu. Periode kehamilan untuk bayi gajah sumatera adalah 22 bulan dengan umur rata-rata sampai 70 tahun. herbivora raksasa ini sangat cerdas dan memiliki otak yang lebih besar dibandingkan dengan mamalia darat lain. Telinga yang cukup besar membantu gajah mendengar dengan baik dan membantu mengurangi panas tubuh. Belalainya digunakan untuk mendapatkan makanan dan air dengan cara memegang atau menggenggam bagian ujungnya yang digunakan seperti jari untuk meraup.
Keunikan Gajah
Setiap harinya gajah mengkonsumsi sekitar 200 kilogram makanan. Makanan tersebut akan menyisakan biji yang akan disebarkan dalam pengembaraan Gajah yang bisa mencapai 15 kilometer setiap harinya.
Gajah biasanya mencari tempat tinggal di dataran rendah terutama lokasi yang berdekatan dengan sungai.
Gajah dikenal sebagai Satwa Payung. Hadirnya Gajah di suatu lokasi menandakan tersedianya sumber daya untuk mendukung kehidupan satwa lain yang mengindikasikan sehatnya suatu ekosistem.

Mengingat Populasi gajah sumatera yang semakin berkurang karna ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, Sudah seharusnya kita yang sadar dengan dampaknya membantu mengkampanyekan Kepedulian Populasi gajah serta hewan lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s