Bemo ceria Pak Kinong

Assalamu’alaikum….. pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi keseruan bersama Bapak Kinong dan bemo pintarnya.

seperti yang kita tahu bahwa Bemo sudahlah tidak diperbolehkan lagi beroprasi, namun tidak demikian dengan pendapat Pak Kinong. Menurut beliau Bemo bukan tidak boleh beroprasi namun bemo kini sudah di batasi wilayahnya. beliau juga menuturnkan jika pemerintah tidak melarang, selama ini pemerintah membiarkan bemo untuk beroprasi namun di wilayah tertentu dan membiarkan bemo menjadi kenang-kenangan di masa depan, toh nanti juga akan hilang dengan sendirinya” ujar Pak kinong

Tahukah sahabat tentang sejarah Bemo di Indonesia?

Bemo atau singkatan dari Becak Motor merupakan kendaraan asal jepang yang di kirim ke indonesia pada tahun 1962, di negara asalnya Bemo digunakan untuk membawa barang. Di indonesia sendiri Bemo tersebar di beberapa wilayah besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang dsb. Namun tidak bertahan lama,karna perencanaannya yang kurang matang Bemo dilarang beroprasiĀ  tepatnya pada tahun 1971 (Jakarta) dan di susul wilayah lain pada 1979.

Tetapi tidak sedikit supir bemo yang tetap melanjutkan walaupun sudah di berlakukan peremajaan pada Bemo dan salah satunya ialah Pak Kinong.

Beliau biasa mengoprasikan Bemonya setiap hari dengan trayek dari Sudirman-Karet dan pada siang hari beliau selalu memarkirkan bemonya ke sekolah-sekolah dan menyulapnya menjadi Perpustakaan keliling. dan tidak sedikit dari Siswa/siswi yang antusias dengan kedatangan pak kinong.

Tidak sampai di situ selain perpustakaan Bemo-nya Pak Kinong juga membuat Bemoskop (bemo bioskop) Bemo yang di miliki Pak Kinong menggunakan listrik untuk bergerak, Bemo ini ia dapatkan dari seorang Dosen Universitas Tarumanegara.

Dan beliau mengoprasikan Bemoskopnya pada malam hari dengan memutarkan Film-film yang tentu mengedukasi anak-anak dan masyarakat yang menontonnya.

“Di Usia saya sekarang ini, bukan lagi berfikir untuk mengerjar uang, namun di usia saya sekarang ini, sudah saatnya saya berguna dan berbagi ilmu kepada Saudara-saudara saya” #Kinong

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s